Eyang


Kabar duka menyelimuti keluarga dari pihak ibu gw. Dimana eyang tercinta harus pergi dari dunia ini. Di usianya yang ke 94 tahun beliau meninggalkan kami anak, cucu, cicitnya.

Memang belakangan eyang mulai keluar masuk rumah sakit, dikarenakan usia dan asupan yang masuk ke tubuhnya berkurang. Udah mulai gak terlalu mau makan, ditambah jantung yang mulai melemah.

Beliau orang yang tangguh, dimana baru berhenti bermain tennis di umur 86 tahun, berhenti karena katarak di matanya sehingga gak bisa liat bola, tapi soal lari dan mukul bola masih gak kalah sama yang muda.

Senin pagi sekitar pukul 03.45 om gw nelfon, anehnya biasanya gw gak pernah vibrate hape, pasti gw silent klo malem otomatis karena klo ada getar atau bunyi ibu gw jadi terbangun. Pagi itu enggak, sesaat gw baru mau tidur pules hape gw bergetar kenceng, di layar muncul nomer eyang gw..

Lalu gw angkat yang berbicara adalah om gw yang ngasi tau klo eyang kritis, dibawa ke rumah sakit deket banget dengan rumah gw. Gak pake pikir panjang dan karena perasaan udah gak enak langsung dong gw menuju ke rumah sakit.

Sampai disana berusaha megang eyang yang udah gak respon sembari sesekali bercengkrama sama om dan tante gw yang ikut nganter kesana. Diketahui klo minggu pagi eyang masih sarapan, siang tidur, sore berusaha di bangunin tapi gak mau. Minggu malam nafasnya tersenggal-senggal sudah diberikan oksigen dan masih tersenggal hingga akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Pagi Pukul 06.00 kurang, gw bilang ke tante gw, gw harus pulang dulu, karena khawatir ibu gw terbangun dan gw gak ada dirumah, tapi hati kecil kayak gak mau, karena sesaat sebelum dokter bilang eyang harus masuk icu, dan udah diurus di administrasi. Jadi gw urungin niat pulang kerumah, tadinya minimal sampai eyang masuk icu dulu dan gak di ugd.

Pukul 06.10 hal yang paling gak kita semua mauin kejadian, eyang menghembuskam nafas terakhirnya. Tubuhnya sudah gak bertahan. Semua histeris, semua menangis, tidak dengan gw.

Gw masih shock, lalu mikirin gimana persemayaman sampai pemakaman. Lalu sembari ngabarin sanak famili, tugas terberat adalah ngasi tau ibu gw sendiri. Ya mama adalah orang sayang ama eyang, gw takut klo nangis dan histeris akan berdampak ke kesehatannya. tapi mama terdiam, bahkan kayak gak ngeh.

ini tulisan ada di draft januari 2020, gw rasa sayang aja gak diposting karena udah kadung di tulis..

Tinggalkan Pesan..